EEN SUKAESIH, HIDUP ADALAH PERJALANAN……

   een sukaesih

PERJUANGAN DARI PERJALANAN HIDUPEEN SUKAESIH

oleh : Heri Kaendo

Seorang wanita paruh baya yang tegar, tangguh dan memiliki daya juang yang tidak dimiliki oleh setiap orang, memberikan pembelajaran dan menjadi inspirasi bagaimana kita mensyukuri nikmat Allah SWT dengan apa yang telah diberikan  dan ditaqdirkan pada kita oleh Sang Pencipta.

Een Sukaesih nama wanita itu,menderita penyakit radang sendi (rheumatoid arthritis), yang menurut dunia medis tidak ada obatnya, dan yang lebih tragis wanita ini pernah di vonis hidupnya hanya tinggal menhitung hari, namun semangat juangnya telah membuatnya bangkit dan membuktikan “hanya Allah yang maha tau dan berhak kapan, kenapa dan dimana manusia akan menemui ajal.

Dengan tubuh yang hanya tergolek diatas sebuah ranjang beralaskan kasur dan sebuah bantal yang menyangga kepala, Een Sukaesih berjuang untuk tetap memberikan makna dan bermanfaat dalam menjalani sisa hidupnya, dengan niat yang begitu mulia didalam keterbatasan phisiknya dia telah menjadi guru…”sosok yang pantas untuk di gugu dan ditiru”.

       ebit dan een s

Penyanyi Balada “Legendaris” Ebiet G.ADE, mempersembahkan sebuah lagu u. EEN SUKAESIH… Sang Guru tanpa tanda jasa

Wanita tangguh asal sumedang ini dengan ikhlas membagi ilmu pada anak-anak didiknya, ditengah-tengah dunia pendidikan kita yang simpang siur dan carut marut penuh ketidak jelasan dimana pendidikan begitu mahal belum lagi guru2 yang mata duitan, wanita sederhana  yang lumpuh total ini hadir, mengajar dengan penuh kasih sayang dan tidak memungut bayaran…..”inilah guru yang harus di gugu dan ditiru…. ini contoh pahlawan tanpa tanda jasa”.

Een Sukaesih cita2nya ingin ikut mencerdaskan anak-anak bangsa dengan segala kesederhanaan dan ketulusan dengan segala keterbatasan, wanita ini mampu membuktikan “keterbatasan bukan menjadi halangan”…….. musibah kelumpuhan akibat penyakit radang sendi (rheumatoid arthritis) tidak membuatnya meratap…menangis atau menuntut pada sang Maha Pencipta..”mengapa harus mengalami nasib seperti ini”… Wanita ini tegar menghadapi hidup” seperti apa yang diungkapkannya pada Kuliah Umum di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat.

“Hidup adalah Perjalanan, kadang terjal, kadang berliku…. namun kita harus terus berjuang menempuh perjalanan itu.. dengan ikhlas  ” ungkapan yag begitu heroik…dari seorang Een Sukaesih yang hidupnya pernah divonis tidak akan lama namun Allah menentukan lain, justru di dalam keterbatasannya dia mampu melahirkan dan mencerdaskan anak2 bangsa…. suaranya yang tetap tenang namun mampu menhipnotis audience yang hadir didalam ruangan itu. suasana yang mengharu biru, butiran…butiran air matapun menetes tanpa sadar, menyimak kisah yang begitu Dahsyat…. dan penuh inspirasi.

Wanita yang hanya tergolek di atas ranjang ini, berhasil meraih berbagai penghargaan di bidang pemberdayaan dan motivasi di bidang pendidikan, mantan pengajar CPNS asal Sumedang yg tinggal di sebuah  Dusun Batukarut RT 1 RW 6, Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang ini , adalah alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat.

Salah satu murid kesangannya, yang juga mempunyai keterbatasan phisik mengungkapkan  ketika diberi kesempatan untuk menyampaikan kesan kebersamaanya bersama guru yang yang begitu ia cintai…”Ibu Een… begitu sabar dan penuh kasih sayang mendidik dan mengajarkan apa yang disampaikan, sehingga saya merasa dasar pendidikan adalah kasih sayang”. sebuah ungkapan yang jujur …. apakah dunia pendidikan sudah menjadikan “kasih sayang” sebagai metode dasar di dalam penerapannya…. Wallahualam.

Itulah sepenggal kisah dari seorang wanita yang secara phisik begitu tidak memungkinkan, namun semangat dan motivasi yang besar untuk menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat bagi sesama menghancurkan dan meluluhlantahkan segala keterbatasan lalu menjadikannya  energi yang begitu kuat untuk ikut berjuang dalam mencerdaskan anak-anak bangsa… Subahanallah…dan Allah telah menolongnya, mengangkat derajat wanita kuat ini, sehingga orang nomer 1, di negara kita SBY presiden RI, menyempatkan diri menjenguk seorang Een Sukaesih.

sby dan een sukaesih

Presiden RI, menjenguk dan memberikan motivasi pada Een Sukaesih, seorang  guru yang karena keterbatasannya hanya bisa tergolek, namun semangat juang dan keinginan yang begitu kuat untuk ikut memberikan sumbangsih kepada negara yang dia cintai melalaui dunia pendidikan dengan menjadikan murid2nya orang yang cerdas dan berakhlaq mulia.

Semoga Allah tetap melindungi dan memberikan kekuatan pada Een Sukaesih…Amin.

2 Komentar

Filed under umum

2 responses to “EEN SUKAESIH, HIDUP ADALAH PERJALANAN……

  1. Subhanallah, Saya terharu bacanya. Allah Maha Besar. Semoga kita semua dapat belajar dari semangat juang Wa Een🙂

    • Kisah ini sungguh dapat dijadikan inspirasi untuk siapapun, bahwa hidup adalah perjuangan….dan perjuangan adalah ibadah….Ibadah kepada Allah SWT sang Maha Pencipta, kepada sesama manusia…dan seluruh alam semesta sehingga Allah mencurahkan Rahmatnya…. bagi orang2 yang senantiasa berjuang…. (terima kasih kepada bukadulubarukomentar, sudah mampir dan memberi komentar) semoga Allah memberkahi..amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s