BBM.. BENER BIKIN MUMET

oleh : Heri Kaendo

Bener Bikin Mumet, “ngga dipikirin… tapi kepikirin” , mau pura-pura cuek… tapi tetep aja akhirnya ngikut kaya bebek…  terus harus bagaimana dong… ??? “apa kita harus koprol…. gitu sambil bilang Wow… semua maunya naek….!!! ngga ada yang mau turun, kalo udah naek ngga ada yang mau turun pada keenak’kan..
please…deh… hhh, jangan maunya pada naek ajaaa…aa, lama-lama kan ngga tahan juga….berat rasanya…tuh…sudah banyak yang ngejerit…!!!

cobaaa.aaa  aja… para koruptor itu punya hati, terus dengan sadar dibalikin tuh duit yang didapet dari ngentit, terus tobat, jadi nggak harus di uber-uber KPK yang kerjaannya nyadapin telepon itu… mungkin BBM ngga harus naek, dan BLSM yang katanya diperuntukan rakyat miskin ngga jadi lahan baru untuk mereka yang  doyannya dapet duit tapi ngga mau usaha alias demen gratisan…. sekarang gara-gara  BLSM semua pengen dibilang miskin padahal yang miskin beneran malah semakin terpojok dan berada di bibir jurang kemelaratan bukan hanya dibawah garis kemiskinan, padahal rakyat kecil yang miskin itu namanya selalu dicatut kalau lagi pas kampaye…atau Pilkada.

Namanya rakyat kecil… semuanya serba kecil, “punya duit…duit kecil, ..punya rumah…rumah kecil ngontrak lagi….punya barang…barangnya kecil..kecil… ” soalnya kalo gede ngga muat..rumahnya aja kecil,  semua serba kecil yang gede cuma utang… padahal pengen juga punya yang gede-gede, seperti rumah yang gede, duit yang gede, barang yang gede …upsss..sss… jangan salah arti barang gede maksudnya… lemari dlsb.

Bisa…ngga ya…??

Negri ini memang aneh…. persis seperti syair lagunya bang “oma” yang denger-denger pengen nyapres itu , semoga ajaaa.. jika jadi presiden ngga nambah lagi istri, bukan apa-apa nanti nyaingin eyang subur…… kl ngga salah begini bunyi syair itu   “yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin…”   …terlaaa…aalu.

BBM.. Benar Bikin Mumet,  kalo aja yang namanya KPK itu independent, dan punya keberanian nangkep yang nyolong duit rakyat bukan yang hanya kelas teri, pasti laen ceritanya… bisa jadi angka dibawah garis kemiskinan menurun… ini malah bukannya turun malah semakin nyungsep…!!!, ada KPK,  ngga ada KPK koruptor mah…..tetep menjamur.

Lebih baik hujan batu di negri sendiri dari pada hujan emas di negri orang…begitu kata peribahasa, tapi bagaimana mungkin kalau hujan batunya tiap hari… bukan hanya benjol…. gepeng bisa…, kalou di di TV kaya orang bener semua, dari anggota dewan, pejabat, aparat, LSM…  ngomongnya seperti perhatian dan perduli sama orang kecil dan miskin, tapi begitu ada anggaran atau subsidi pemerintah buat orang miskin malah dipake bancakan udah jatahnya kecil tega2nya dikentit pula…

LSM yang kalau di dalam diskusi depan kamera galak, ngomongnya hebat, kritis,  ternyata juga setali tiga uang.. buntut-buntutnya bantuan dana yang membuat mereka seperti paling bener sendiri dan selalu mengatas namakan rakyat kecil, tapi inilah potret Indonesia yang kita cintai, Negri yang kaya dengan tanah yang subur bahkan,  “orang bilang  tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman”..itu salah satu syair lagu Koes plus, sungguh ungkapan sederhana, jujur tapi  mengandung makna yang dalam bahwa Negri kita indonesia ini sesungguhnya amat kaya dan seharusnya mampu membuat rakyatnya makmur dan terpenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan…. tapi apa mau dikata…. jauh panggang dari api, pertanyaannya siapa yang salah…? yang jelas  bukan salah bunda mengandung, tapi salah ayah yang buka sarung…… silahkan cari maknanya.

2 Komentar

Filed under opini, Uncategorized

2 responses to “BBM.. BENER BIKIN MUMET

  1. Bener Bener Mumet gann..

  2. syair malam

    ya…. inilah potret…. dari kisah negri yang salah kelola…. sungguh ironis… ternyata negri yang kita cintai dan kaya ini ternyata surganya para penipu…. (terima kasih sdh mampir bro mitawakal)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s