SOEHARTO “THE SMILING GENERAL”

  foto soeharto 2

SOEHARTOTHE SMILING GENERAL

Soeharto Presiden RI. ke 2, yang berkuasa 32 tahun ini, senyumnya begitu khas Jendral Angkatan Darat berbintang lima, tokoh sekaligus pemimpin orde baru yang tegas dan berwibawa.
soeharto jendral

Pada masa kejayaannya, The Smiling General ini juga salah satu pemimpin yang cukup disegani di Asia, Soeharto bahkan pernah membawa Indonesia pada kondisi perekonomian yang stabil pada dekade 1980 – 1990, dan kesuksesan beliau dengan program swasembada pangannya melahirkan julukan Soeharto Bapa Pembangunan.

Selama 32 tahun memerintah, akhirnya pada tanggal 21 Mei 1998, Soeharto terpaksa harus mundur…. karena desakan dari mahasiswa dengan dukungan rakyat Indonesia yang amat kuat.

Beberapa hari sebelum The Smiling General ini lengser, telah terjadi demonstrasi besar-besaran yang akhirnya berdampak kerusuhan dan penjarahan di pusat-pusat perbelanjaan, pembakaran kendaraan-kendaraan yang dilakukan oleh masyarakat dengan penuh amarah dan beringas yang entah masyarakat ini datangnya kapan dan darimana, secara tiba-tiba muncul dengan, berteriak memprovokasi…Bakar…bakar….!!!.

Jakarta sebagai Ibu Kota RI, dan pusat pemerintahan pada saat itu mencekam,  puncaknya ketika ribuan mahasiswa turun ke jalan-jalan dengan yel-yel yang menuntut Soeharto untuk turun, tulisan-tulisan, poster-poster berukuran raksasa menghiasi jalan-jalan dijakarta…”Turunkan Soeharto…turunkan Soeharto…. rakyat bersatu tak bisa dikalahkan….!!!” terus diteriakan oleh mahasiswa dan masyarakat.

Terlepas dari segala berita konroversial yang menyudutkannya, Soeharto The Smiling General, adalah sosok seorang pemimpin bangsa pada masanya yang tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

          foto soeharto 3
         SoehartoThe Smiling General

Setelah 15 tahun berlalu pasca “Reformasi” bergulir, PEMILU sudah ke 4 kali akan diadakan, yang ke 4 ini, nanti April 2014, dan sudah menghasilkan 4 Presiden ( Habibie, Gus Dur, Megawati dan Susilo Bambang Yudoyono yang sekarang menjabat).

Ada yang menarik untuk dicermati, setiap kali masyarakat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi 5 tahun sekali, dimana para calon presiden, mulai tebar pesona dan berlomba dalam pencitraan diri, mengambil hati masrakat melalalui iklan-iklan di telivisi lengkap dengan atribut partai dan para pendukungnya yang memang loyal maupun yang di bayar untuk ikut tampil sebagai figuran atau hanya sekedar sebagai pelengkap penderita.

Beberapa bulan terakhir ini muncul sebagian masyarakat yang justru  dengan terang-terangan menampilkan Soeharto, entah karena nyeleneh atau memang kecewa dengan kondisi yang dirasa semakin menghimpit seperti sekarang ini  “BBM , sembako tak lagi murah… dan lapangan kerja makin hari makin sempit, …!!!”.

Bagi masyarakat kecil di bawah tentunya berfikir sederhana saja, “sandang pangan murah,  dan terjangkau…anak-anak dapat sekolah sukur-sukur punya rumah”.  itu yang di harapkan, mereka tidak perduli dengan istilah-istilah apa itu penguasa atau pemimpin otoriter, mereka juga tidak tau dan ngga mau tau apa itu laju pertumbuhan ekonomi yang meningkat, mau maju ke’…mau mundur ke’……atau apalah….,  mereka hanya merasa “ko’hidup semakin sulit, sekolah katanya gratis..nyatanya bayar juga,  bahkan jutaan…. enakan zaman pa’harto… beras murah, bensin murah…nyari duit gampang….nyekolahin anak murah, nyari kerja gampang…!!!”

foto soeharto4
Angkot yang ditempeli poster “Soeharto”

Fenomena seperti ini mungkin tidak akan menjadi perhatian serius, karena para politisi dan pemerintah menganggap ini hanya hal yang biasa-biasa saja, toh juga… Soharto sudah tidak hidup lagi, dan masyarakatpun sudah pintar… jadi tidak ada yang harus dikhawatirkan, namun sesungguhnya para politisi, anggota dewan yang terhormat juga para pengelola negara, lupa bahwa mereka adalah rakyat Indonesia yang hidup di tanah air Indonesia. yang kerap kali diberi janji tentang hidup layak… dengan sandang pangan dan papan terpenuhi, tapi yaa… semua itu kan  hanya janji, masalah ditepati atau tidak… itu masalah lain.

Ya…itulah nasib rakyat jelata, sekarang ini   yang dapat mereka lakukan hanya menunggu pemimpin yang “Jujur” , jadi wajar mereka hanya bisa berekspresi melalui poster yang ditempelkan dikendaraan umum  seperti angkot ,  hanya sekedar untuk mengekspresikan apa yang selama ini dirasakan, walaupun apa yang di ekspresikan pun tudak menggambarkan kejujuran itu sendiri.  (seperti foto di atas).

Bahkan yang belakang ini  makin ramai adalah beredarnya kaos-kaos yang bernada sama, bahkan di buru para pembeli.

                            kaos pak harto

Terlepas ini hanya sebuah kreatifitas, yang terispirasi dari kegetiran yang di alami oleh sebagian masyarakat Indonesia yang merasa hidup di negrinya yang subur dengan kekayaan alam yang melimpah, tapi menjadi budak di negrinya sendiri, paling tidak ekspresi itu telah mereka sampaikan walau hanya di angkot atau tertempel disebuah kaos.

Piye kabare broo……? enak zamanku to….

1 Komentar

Filed under umum

One response to “SOEHARTO “THE SMILING GENERAL”

  1. Anonim

    Setiap pemimpin bangsa punya kekurangan, hanya sekedar menambahkan, bahwa pada waktu itu pihak Barat terutama Amerika Serikat sudah tidak suka kepada pemimpin era ORBA ini, dikarenakan Rencana Pembangunan yang mengacu pada program “Lepas Landas”, dengan maksud Indonesia bukan hanya Negara dengan kemampuan swasembada pangannya, tapi membuat kebutuhan Nasionalnya semua secara mandiri. Pihak Barat begitu takutnya sampai pada puncaknya mengutus George Soros untuk mengacak-acak ekonomi Asia Tenggara khususnya Indonesia, apa lacur Negara adidaya yang begitu perkasa waktu itu dengan CIA nya dan agen agen ekonomi kapitalis dunia membuat blunder yang daya terjangnya tidak tertandingi oleh Negara Negara di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia, sehingga mudah saja bagi mereka untuk menghabisi Negara sekelas Indonesia. Alhasil,negara kita menjadi Negara neo kapitalis baru dengan penjajah baru (bagi yang beranggapan ORBA sebagai penjajah lama), dan yang kebanyakan menjadi penguasa dan bermain di politik kelas atas sebagian besar adalah hasil didikan/lulusan Negara Barat dan atau Amerika Serikat. Demikian, semoga berkenan dan jelas…….salam Sejahtera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s